Minggu, 21 Oktober 2012

BAB I



PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang

Usaha Kecil Menengah (UKM)  adalah suatu bentuk usaha yang tidak tergantung kepada pemilik dan manajemennya, ia tidak menjadi bagian dari bisnis lainnya sehingga tidak mendominasi pasar di mana ia berada. UKM adalah sebuah istilah yang mengacu ke jenis usaha kecil yang memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp 200.000.000 tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha, usahanya berdiri sendiri. Menurut Keputusan Presiden RI no. 99 tahun 1998 pengertian Usaha Kecil Menengah adalah: “Kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil dengan bidang usaha yang secara mayoritas merupakan kegiatan usaha kecil dan perlu dilindungi untuk mencegah dari persaingan usaha yang tidak sehat.”. UKM  dapat dikatakan pula sebagai pendukung pertumbuhan ekonomi, antara lain adalah dengan meningkatkan produktivitas, menciptakan teknologi, produk, jasa baru, menciptakan kompetisis pada pasar, sehingga dapat mensejahterakan masyarakat untuk dapat kreatif dan mandiri. Keberhasilan UKM dapat dilakukan oleh orang-orang yang ulet dan pekerja keras, mempunyai tujuan dan dedikasi yang tinggi serta mempunyai komitmen untuk mencapai tujuan.

1.2  Batasan masalah
            Dalam jurnal ini membahas perkembangan perekonomian bagi pelaku dan pekerja Usaha Kecil Menengah (UKM). Serta membahas mengenai sistem dan peraturan yang belaku bagi pelaku UKM. Berikut pengembangan modal yang di berikan oleh pemerintah ataupun Bank konvensional  maupun Bank BPR.

1.3  Tujuan
            Tujuan penulisan ilmiah ini adalah untuk mengetahui faktor yang paling berpengaruh terhadap dunia Usaha Kecil Menengah (UKM) serta produk-produk unggulan yang dapat meningkatkan perekonomian dan membangun wilayahnya. Berikut pemengbangan modal, dan promosi yang mereka lakukan terhadap produk-produk yang mereka ciptakan. Sehingga dapat ditentukan metode yang paling tepat.

1.4  Metode penelitian
  Dalam memperoleh informasi dan mendapatkan data yang diinginkan. Penulis menggunakan beberapa tahap :
Tahap 1, Mencari jurnal yang sesuai dengan tema yang diinginkan
Tahap 2, Membandingkan jurnal-jurnal yang ada
Tahap 3, Menulis hal yang telah diperbandingkan dari jurnal-jurnal tersebut.

1.5  Sistematika penulisan
            Untuk memudahkan pemahaman terhadap masalah yang akan dibahas, berikut kami tampilkan sistematika penulisannya :

BAB 1: PENDAHULUAN,
Bab ini menjelaskan secara singkat mengenai Latar belakang, Batasan masalah, Tujuan, Metode penelitian, Sistematika penulisan.

BAB 2: LANDASAN TEORI,
Bab ini menjelaskan secara singkat mengenai landasan-landasan teori mengenai Kompensasi dan tinjauan segala hal yang berhubungan dengan masalah yang akan di bahas.

BAB 3 ANALISA PEMBAHASAN,
Bab ini menjelaskan tentang implementasi metode yang tepat  setelah mempelajari landasan teori.

BAB 4  PENUTUP,
 Bab ini berisi kesimpulan dari hal yang di bahas pada teori diatas.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar