Pengertian Pemasaran ( Marketing )
Secara umum,
pemasaran adalah kegiatan pemasar untuk menjalankan bisnis (profit dan
nonprofit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang atau jasa, menetapkan
harga, mendistribusikan, serta mempromosikannya melalui proses pertukaran agar
memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.
Unsur pokok dala kegiatan pemasaran:
1. Pemasar
adalah organisasi perusahaan atau perorangan yang mempunyai tujuan tertentu
bagi organisasi maupun pribadinya. Tujuan pemasar tersebut misalnya keuntungan,
survive, pangsa pasar, kesetiaan pelanggan, kesejahteraan, dan sebagainya yang
harus dipenuhi. Pemasar dapat merupakan:
a. Produsen
(umumnya berorientasi pada keuntungan)
b. Organisasi
(belum tentu berorientasi pada keuntungan)
c. Pemerintah
(berorientasi terhadap kesejahteraan umum)
2. Barang dan jasa
Apapun bentuk sesuatu yang
ditawarkan produsen untuk pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen. Barang
dapat bersifat konkret, tidak konkret (jasa) atau kombinasinya.
3. Pasar
pasar adalah konsumen pribadi atau
organisasi perusahaan yang mempunyai kebutuhan dan keinginan yang berwujud
sebagai permintaan terhadap barang atau jasa. Pasar mempunyai kapasitas
pertukaran daya beli untuk bias memperoleh barang yang diinta.
Daya beli adalah kemampuan pasar untuk mendapatkan barang yang diperlukan.
4. Proses
pertukaran
Pertukaran adalah kegiatan dua pihak
yang masing-masing memerlukan sesuatu milik pihak yang lain sebagai usaha untuk
pemenuhan kebutuhan dan keinginan masing-masing.
Dalam pemasaran
terdapat enam konsep yang merupakan dasar pelaksanaan kegiatan pemasaran suatu
organisasi yaitu : konsep produksi, konsep produk, konsep penjualan, konsep
pemasaran, konsep pemasaran sosial, dan konsep pemasaran global.
1. Konsep produksi
Konsep produksi berpendapat bahwa konsumen akan menyukai produk yang tersedia dimana-mana dan harganya murah. Konsep ini berorientasi pada produksi dengan mengerahkan segenap upaya untuk mencapai efesiensi produk tinggi dan distribusi yang luas. Disini tugas manajemen adalah memproduksi barang sebanyak mungkin, karena konsumen dianggap akan menerima produk yang tersedia secara luas dengan daya beli mereka.
2. Konsep produk
Konsep produk mengatakan bahwa konsumen akan menyukai produk yang menawarkan mutu, performansi dan ciri-ciri yang terbaik. Tugas manajemen disini adalah membuat produk berkualitas, karena konsumen dianggap menyukai produk berkualitas tinggi dalam penampilan dengan ciri – ciri terbaik
3. Konsep penjualan
Konsep penjualan berpendapat bahwa konsumen, dengan dibiarkan begitu saja, organisasi harus melaksanakan upaya penjualan dan promosi yang agresif.
4. Konsep pemasaran
Konsep pemasaran mengatakan bahwa kunsi untuk mencapai tujuan organisasi terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan secara lebih efektif dan efisien dibandingkan para pesaing.
5. Konsep pemasaran sosial
Konsep pemasaran sosial berpendapat bahwa tugas organisasi adalah menentukan kebutuhan, keinginan dan kepentingan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan dengan cara yang lebih efektif dan efisien daripasda para pesaing dengan tetap melestarikan atau meningkatkan kesejahteraan konsumen dan masyarakat.
6. Konsep Pemasaran Global
Pada konsep pemasaran global ini, manajer eksekutif berupaya memahami semua faktor- faktor lingkungan yang mempengaruhi pemasaran melalui manajemen strategis yang mantap. tujuan akhirnya adalah berupaya untuk memenuhi keinginan semua pihak yang terlibat dalam perusahaan.
Sumber:
http://majidbsz.wordpress.com/2008/06/30/pengertian-konsep-definisi-pemasaran/
buku Dasar Pemasaran, Teguh Budiarto, Universitas Gunadarma
Tidak ada komentar:
Posting Komentar