Minggu, 11 November 2012

BAB III




BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
3.1    Objek Penelitian
Usaha yang akan dijadikan objek dalam penelitian ini adalah para pelaku UKM (usaha kecil menengah). Alasan pemilihan objek penelitian tersebut adalah karena usaha ini merupakan usaha yang sedang digemari oleh berbagai kalangan.
3.2    Jenis dan Sumber Data
Berdasarkan jenisnya, industri dapat dibedakan menjadi empat jenis. Berikut taraf batasan sebuah industri:
Jenis Industri
Jenis Industri
Batasan Tenaga Kerja
Industri Rumah Tangga
< 5 orang
Industri Kecil
5 -19 orang
Industri Menengah
20    – 99 orang
Industri Besar
>99 orang
                Sumber : Badan Pusat Statistik
Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data subyeksedangkan sumber data yang akan digunakan adalah sumber data primer dan sekunder.
3.2.1        Data Primer
Data primer adalah data yang berasal dari sumber yang dikumpulkan secara khusus dan berhubungan langsung dengan permasalahan yang diteliti
3.2.2        Data Sekunder
Data sekunder adalah data yang berkaitan dengan permasalahan yang sedang diteliti. Data sekunder untuk penelitian ini diperoleh dari jurnal-jurnal UKM.

3.3  Metode Pengambilan Data
Dalam penelitian ini, metode pengambilan data menggunakan populasi dan sampel.
3.3.1        Populasi
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen keripik pedas di Depok. Sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah mahasiswa, mereka yakin kalangan remaja dapat lebih efisien menilai usaha keripik pedas ini.
3.3.2        Sampel
Sampel dalam penelitian ini adalah para pelaku UKM

3.4  Teknik Analisis Data
Data yang diperoleh dalam penelitian ini perlu dianalisi lebih lanjut agar dapat ditarik suatu kesimpulan yang tepat. Oleh karena itu perlu ditetapkan analisis yang sesuai dengan tujuan penelitian yang hendak dicapai. Adapun penelitian ini adalah:
  1. Melakukan uji kuesioner yang di lakukan oleh beberapa pelaku UKM
  2. Melakukan uji asumsi klasik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar