BAB IV
4.1. Hipotesis
Berdasarkan
pengembangan variabel penelitian, maka hipotesis yang diajukan dalam penelitian
ini adalah:
H1
: Orientasi kewirausahaan berpengaruh positif terhadap keunggulan bersaing.
Menurut Sigauw, Simpson, dan Baker (1998), kompetensi
kewirausahaan dibutuhkan di dalam implementasi strategi pemasaran agar
diperoles keunggulan bersaing yang mantap melalui nilai responden atas
kebutuhan pelanggan. Sedangkan jiwa kewirausahaan sendiri meliputi lima hal,
yakni: otonomi, keinovasian, dan pengambilan resiko.
H2
: Orientasi pasar berpengaruh positif terhadap keunggulan bersaing.
Hasil penelitian yang dilakukan oleh Akimova
(1999,p.1140-1141), membuktikan bahwa orientasi pasar memiliki pengaruh positif
terhadap keunggulan bersaing. Perusahaan yang menerapkan orientasi pasar memiliki
kelebihan dalam hal pengetahuan pelanggan dan kelebihan ini dapat dijadikan
sebagai sumber untuk menciptakan produk yang sesuai dengan keinginan dan
kebutuhan pelanggan.
H3
: Inovasi berpengaruh positif terhadap keunggulan bersaing.
Cooper
(2000,p.38) menjelaskan bahwa keunggulan produk baru sangat penting dalam
lingkaran pasar global yang sangat bersaing. Keunggulan tersebut tidak lepas
dari pengembangan produk inovasi yang dihasilkan, sehingga akan mempunyai
keunggulan di pasar yang selanjutnya akan menang dalam persaingan.
4.2. Hasil Penelitian
4.2.1. profil
Industri kecil menengah adalah salah
satu industri dimana para pelaku usaha dapat memperkerjakan orang sekitar yang
sekiranya belum memiliki pekerjaan. Selain itu dengan banyaknya usaha kecil
menengah yang berkembang maka pelaku usaha sector lain pun ikut terbangun karna
bahan produk yang di kembangkan atau di olah dapat diperoleh dari sector usaha
lain misalnya: sector pertania, perikanan, serta furniture mentah.
4.2.2Deskripsi
Variabel
Deskripsi
variabel akan menjelaskan tentang gambaran jawaban yang diberikan atas
pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dalam kuesioner. Analisis deskripsi ini
akan dilakukan untuk tiap-tiap ariable. Pemebrian nilai mengikuti ketentuan
sebagai berikut.
Ketentuan
:
· Jika menjawab 1 – 2 : responden
memilih sangat tidak setuju (STS)
· Jika menjawab 3 – 4 : responden
memilih tidak setuju (TS)
· Jika menjawab 5 – 6 : responden
memilih netral (N)
· Jika menjawab 7 – 8 : responden
memilih setuju (S)
· Jika menjawab 9 – 10 : responden
memilih sangat setuju (SS)
4.2.3. Analisis Deskripsi Statistik Data
Seluruh orientasi yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu
Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, Inovasi, dan Keunggulan Bersaing akan
dianalisis secara deskripsi. Analisis deskripsi dilakukan dengan menggunakan
bantuan software SPSS 11 dimana tiap indikator dalam orientasi tersebut diatas
dihitung nilai rata-ratanya (mean),
nilai tengah (median), dan nilai yang
sering muncul (mode).
4.2.4. Analisis Regresi
Persamaan
regresi moderat yang digunakan dalam penelitian ini diadopsi dari persamaan
regresi yang digunakan untuk menguji variabel moderat seperti yang dikemukakan
Riyanto (2001, p.1-12) dan Venkatraman (1989, p. 423) yaitu :
KB = a+b1OW+b2OP+b3I+b4OWKB+b5OPKB+b6IKB+e
Dimana :
KP :
variabel dependen keunggulan bersaing
a :
intersep / konstanta
b : slope
/ koefisien regresi variabel independen
OW : variabel
independen Orientasi Wirausaha
OP :
variabel Orientasi Pasar
I :
variabel Inovasi
OWKB : interaksi antara variabel independen Orientasi
Wirausaha dengan variabel Keunggulan Bersaing
OPKB : interaksi antara variabel independen Orientasi Pasar dengan
variabel Keunggulan Bersaing
IKB :
interaksi antara variabel Interaksi dengan variabel Keunggulan Bersaing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar