Minggu, 08 Mei 2011

utilitas dan harga


kebutuhan dasar kita yang sederhana, namun individu tambahan keinginan kita seringkali sangat kompleks. komoditi berbagai jenis memuaskan keinginan kita dengan cara yang berbeda. pisang, sebotol obat dan buku teks memuaskan keinginan yang sangat berbeda. pisang tidak dapat memenuhi keinginan yang sama seperti buku teks.
karakteristik ini memuaskan ingin dikenal di bidang ekonomi sebagai 'utilitas' nya. utilitas, bagaimanapun, tidak harus bingung dengan kegunaan, misalnya, kapal selam mungkin atau mungkin tidak berguna di masa damai, tetapi memenuhi keinginan. banyak negara ingin kapal selam. ekonom mengatakan utilitas yang menentukan "hubungan antara konsumen dan komoditas '.
 
permintaan bervariasi antara orang yang berbeda dan antara negara yang berbeda. vegetarian tidak ingin daging, tetapi mungkin tingkat permintaan dari pisang sangat tinggi, sementara pemakan daging mungkin lebih suka steak. negara besar seperti swiss memiliki sedikit minat di kapal selam, sementara negara-negara maritim tingkat mereka sangat tinggi.
 
permintaan bervariasi tidak hanya dalam hubungannya dengan selera individu dan geografi, tetapi juga dalam kaitannya tepat waktu. di masa perang, permintaan bom tinggi, dan permintaan dari piano rendah. Oleh karena itu permintaan terkait untuk keputusan kita tentang prioritas dalam produksi-khususnya dalam ekonomi terpusat-direncanakan. produksi piano jatuh tajam di masa perang.
 
permintaan dari komoditi ini juga terkait dengan kuantitas yang tersedia untuk konsumen. jika kertas tersedia secara bebas, orang tidak akan begitu tertarik untuk membeli terlalu banyak. jika ada kelebihan kertas, permintaan untuk kertas relatif akan turun. kita dapat mengatakan kegunaan utamanya komoditi itu menurun sebagai bekal konsumen komoditas itu meningkat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar